Inilah Manfaat Hujan Bagi Anak-Anak

admin March 19, 2018

Bermain Hujan di Kota Bogor

Hujan yang turun membasahi bumi, merupakan berkah tersendiri bagi umat manusia. Namun tidak banyak dari kita, yang merasa bersyukur dengan turunnya air dari langit tersebut. Terkadang hujan menjadi sebuah alibi bagi ibu-ibu rumah tangga, di mana cucian mereka menjadi tidak kering lantaran matahari yang tergantinkan oleh hujan.

Terlebih lagi bagi masyarakat Kota Bogor, hujan turun seolah tak mengenal musim. Tingginya intensitas hujan di Kota Bogor, membuatnya dijuluki sebagai Kota Hujan. Tapi apakah Raincakers tahu, bahwa hujan ternyata juga memilki banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah bagi anak-anak yang masih berusia lima tahun ke bawah, alias balita.

Namanya juga anak-anak, tentulah akan merasa senang apabila diberi kesempatan untuk bermain di kala hujan, atau yang dikenal dengan istilah hujan-hujanan. Ketika hujan turun, anak-anak malah merasa enggan untuk berteduh. Tapi hal tersebut malah membuat para orang tua khawatir, kalo anaknya hujan-hujan nantinya malah sakit. Padahal Raincakers, sebenarnya tidak masalah kok bila membiarkan buah hati bermain hujan, karena memang hal ini banyak mengandung manfaat. Mau tahu apa aja manfaat hujan bagi anak-anak, berikut penjelasannya;

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Menurut hasil penelitian seorang ilmuan bernama Alan C. Logan dalam buku “Your Brain on Nature”, bermmain hujan bagi balita malah menguatkan daya tahan tubuhnya. Alan C. Logan menjelaskan, bahwa seseorang yang dari kecil sering bermain di alam bebas, entah itu saat hujan maupun cerah, akan memiliki ketahanan fisik serta mental lebih tinggi dibanding yang tidak. Nah mungkin selama ini banyak orang tua yang malah berpikiran sebaliknya ya Raincakers.

Menjadi Lebih Kreatif dan Imajinatif

Coba Raincakers perhatikan, ketika seorang anak bermain di bawah guyuran hujan, mereka akan terlihat seolah mendapatkan kebebasan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Ketika mulai bermain hujan, anak-anak pasti akan berteriak-teriak, tertawa girang, melompat, serta bermain air sesuka hati. Nah, hal-hal seperti itu yang kemudian memberikan pengaruh baik untuk perkembangan mental sang anak. Di mana nantinya bisa membuat san anak terhindar dari stress, serta menjadi lebih kreatif dan juga imajinatif.

Saat bermain hujan, anak-anak juga dapat memulai aktivitas baru seperti bermain pada genangan air, atau mengambil dedaunan yang basah. Dengan demikian, anak akan merasakan sensasi serunya petualangan, sehingga menumbuhkan rasa penasaran dan keinginan untuk mempelajari yang lain.

Melatih Koordinasi dan Keseimbangan

Ketika anak-anak melihat genangan air akibat air hujan, tentu mereka akan secara spontan menginjak genangan sambil melompat-lompat. Bahkan ada pula yang menendang genangan air tersebut, karena saking semangatnya. Nah gerakan-gerakan aktif seperti itulah yang kemudian bisa membantu melatih kemampuan motorik, koordinasi tubuh, kecepatan, dan juga keseimbangannya. Hasilnya bukan hanya tulang dan otot si kecil saja yang jadi lebih kuat, tetapi dia bisa jadi tak mudah terserang diabetes, obesitas, serta penyakit berbahaya lainnya.

Namun perlu diingat Raincakers, setelah anak-anak selesai bermain dengan air hujan. Segerakan sang anak untuk membersihkan diri dengan mandi, kemudian mengganti pakaian basahnya ya dengan baju dan celana bersih yang bisa menghangatkan tubuh.

0

Comments

Leave A Comment

Submit