Penangkaran Rusa Jadi Wisata Bogor Favorit Bagi Keluarga

admin March 15, 2018

Wisata Bogor

Letak geografis Bogor yang terdiri dari perbukitan dan pegunungan, membuat kota hujan ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Berbagai destinasi wisata alam bisa Raincakers nikmati saat berlibur ke Bogor, salah satunya adalah wisata konservasi fauna di wisata Penangkaran Rusa Cariu yang letaknya di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Penangkaran rusa Cariu ini menjadi Wisata Bogor favorit bagi keluarga, meskipun di Kota Hujan ini juga terdapat beberapa tempat penangkaran rusa seperti penangkaran rusa Maribaya di Cisarua Puncak dan penangkaran rusa Cifor di kelurahan Situ Gede Babakan-Dramaga. Wisata Bogor satu ini, kerap menjadi ajang bagi para orang tua untuk memperkalkan buah hati berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang jinak. Selain itu, di sini Raincakers juga bisa membeli ubi wortel dan sayur untuk diberikan kepada rusa secara langsung. Namun Raincakers, meski rusa-rusa di sini sudah jinak dan bersahabat, harus tetap berhati-hati dan mematuhi peraturan yang ada ya.

Penangkaran rusa Cariu ini juga dikenal dengan nama penangkaran Girijaya telah berdiri sejak tahun 1993 lalu di dalam naungan Perum Perhutani Unit lll. Penangkaran rusa Cariu sendiri, asalnya hanya sebagai area penelitian tersendiri. Namun pada tahun 2003, tempat konservasi ini mendapatkan izin sebagai wahana wisata umum dan pada tahun 2006 menjadi kawasan RPH Cariu, BKPH Jonggol dan KPH Bogor.

Penangkaran rusa Cariu memiliki luas sekitar 8,4 hektar, di mana letaknya masuk dalam kawasan Gunung Sanggabuana, sehingga membuat penangkaran ini memiliki panorama alam yang indah, ditunjang dengan udaranya yang begitu sejuk. Di penangkaran ini, terdapat berbagai jenis rusa mulai dari Rusa Sambar, Rusa Tutul, Rusa Timor dan Rusa Bawean. Penangkaran rusa ini bernama Cariu, karena dulunya berada di Kecamatan Cariu. Namun setelah pemekaran wilayah, wisata ini dikenal dengan Tanjungsari.

Selain sebagai wisata konservasi, penangkaran rusa Cariu juga bisa menjadi tempat yang pas buat Raincakers yang hobi hunting foto. Di sini terdapat banyak spot foto yang instagramble dengan landscape panorama pegunungan. Raincakers juga bisa loh outbound atau berkemah di camping ground penangkaran rusa Cariu ini. Selain itu, di wisata konservasi ini juga terdapat jembatan unik yang terbuat dari bambu sepanjang 42 meter di atas Sungai Cibeet. Namun sayangnya, jembatan bambu yang instagramable itu ambruk pada awal tahun 2018, akibat tak mampu menampung pengunjung yang membludak.

 

0

Comments

Leave A Comment

Submit