Riwayat Sejarah Masjid Agung Bogor

admin February 9, 2018

Masjid Agung Bogor

Wisata religi seolah sudah menjadi kegiatan yang umum dilakukan masyarakat Indonesia. Kota-kota besar yang memiliki sebuah bangunan ibadah dengan nilai sejarahnya, kerap menjadi tujuan dari wisata religi tersebut. Seperti halnya Kota Bogor, wisatawan bisa berkunjung ke tempat wisata religi seperti Masjid Raya Bogor dan Masjid Agung Bogor.

Nah Raincakers, kalo sebelumnya sudah pernah kita tuliskan mengenai Masjid Raya Bogor. Maka sekarang saatnya kita kupas tuntas mengenai Masjid Agung Bogor yang juga memiliki riwayat panjang dalam sejarah umat muslim di Kota Bogor.

Masjid Agung Bogor terletak di kawasan Pasar Anyar, tepatnya berada di Jalan Dewi Sartika No.1A, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah. Berdasarkan sejarahnya, Masjid Agung Bogor berdiri di kawasan pasar dengan luas tanah mencapai 4.000 meter persegi dan luas bangunan 2.500 meter persegi, yang merupakan lahan Pemerintah Kota Bogor.

Awal dibangunnya Masjid Agung Bogor pada tahun 1987 ini, bermula dari keinginan para ulama Kota Bogor memiliki masjid di tengah kota. Selain itu, juga dilandasi rasa keprihatinan para ulama Kota Bogor yang melihat lebih banyak tempat ibadah lainnya ketimbang masjid. Atas dasar tersebut, bergeraklah para inisiator pembangunan masjid seperti KH. Hasan Basri (alm), H. Bahrul Efendi (ayahanda Drs.H.Aqiq Daruhtaqiq), dan  H. Ja’far Balfas.

Alhamdulillah, keinginan dan harapan dari para ulama tersebut tersebut mendapatkan respon baik dan positif oleh tokoh-tokoh di Bogor, termasuk tokoh H. Jamu’ yang saat itu sebagai direktur salah satu bank. Setelah dana awal terkumpul dan sangat memadai untuk memulai pembangunan, usulan pembangunan masjid pun diajukan ke Wali Kota Bogor yang pada tahun tersebut dijabat oleh Ir.H.Muhamad.

Niat baik tersebut akhirnya mendapatkan sambutan luar biasa. Persetujuan Wali Kota diimplementasikan dengan cara mencari lahan oleh Pemkot Bogor. Setelah melalu berbagai proses, maka lokasi pembangunan masjid telah disepakati bersama, maka terbentuklah panitia pembangunan Masjid Agung Bogor.

Berada di kawasan pasar Anyar (dulu bernama pasar Kebon Kembang), membuat hiruk-pikuk  aktivias di Masjid Agung Bogor ini tergolong padat. Masjid Agung Bogor pun berkembang dengan masa pertumbuhan baik. Banyak sumber pendapatan yang digali dari potensi masjid tersebut, sehingga membuat perbaikan dan penerapan managemen modern diterapkan.

Kini, Masjid Agung Bogor tengah dalam masa renovasi dan revitalisasi. Perbaikan yang dimulai sejak akhir 2016 lalu, tak kunjung selesai juga sampai sekarang akibat berbagai kendala yang ada. Pemkot Bogor pun meminta maaf kepada para jamaah yang kecewa dengan molornya perbaikan masjid. Mereka pun menargetkan Masjid Agung Bogor ini selesai pada 2019 nanti. Jadi Raincakers, semoga Masjdi Agung Bogor ini bisa segera selesai dan memberikan kenyamanan bari para jamaah saat menghadap Sang Pencipta.

0

Comments

Leave A Comment

Submit